PENTINGNYA MARKETING ONLINE UNTUK BISNIS ANDA

Pemasaran Online adalah hal yang krusial bagi konsep marketing saat ini. Bagi banyak bisnis, memilih jalur pemasaran yang sesuai bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena pemasaran akan berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis. Oleh karena itu, harus dilakukan sebaik mungkin. Di dunia era digital seperti sekarang, internet menjadi pusat kegiatan banyak orang, pemasaran online digadang-gadang menjadi metode paling efektif.


Pemasaran online dianggap mampu melebarkan sayap pemasaran bisnis secara optimal dengan biaya yang jauh lebih ringan dibandingkan secara offline. Sebelum mengamini keefektifan pemasaran  online dan menerapkannya, Anda terlebih dahulu harus mengetahui pengertian dan konsep tersebut.



Apa itu Pemasaran Online?

Secara sederhana pemasaran online atau sering disebut sebagai pemasaran digital diartikan sebagai  strategi pemasaran yang memanfaatkan internet. Kegiatan pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen dilakukan dengan memanfaatkan media sosialwebsite, email, bahkan augmented reality. Hal ini dapat dilakukan dengan iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar posting-an sederhana melalui media online.

Banyaknya aktivitas dan interaksi yang terjadi di dunia internet, membuat banyak sekali pemilik bisnis yang mengandalkan cara ini untuk meningkatkan nilai jual produknya. Satu posting-an di internet dapat diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Jadi, dari mana pun Anda berbisnis, akan tetap mampu mendapatkan perhatian secara global jika telah memasuki dunia internet.


Manfaat Pemasaran Online

1. Lebih Mudah

Melakukan kegiatan pemasaran melalui internet bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan pemasaran melalui media cetak dan elektronik. Anda bisa melakukannya dan mengontrolnya kapan saja dan di mana saja. Tidak ada batasan ruang dan waktu.

2. Menghemat Biaya

Dengan bermodal alamat e-mail, jaringan internet, dan komputer, Anda bisa mulai melakukan pemasaran internet untuk menyebarkan informasi tentang bisnis Anda. Anda juga dapat membuat akun jejaring sosial dan blog secara gratis untuk memasarkan bisnis Anda. Biaya pemasangan iklan online berbayar juga cenderung lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

3. Banyak Pilihan dalam Pemasaran

Terdapat banyak pilihan dalam pemasaran online sehingga bisa membuat Anda lebih kreatif. Anda bisa menggunakan audio, gambar, video, dan tulisan. Anda bisa menerapkan strategi social media marketingSearch Engine Optimization (SEO) marketinge-mail marketing, afiliasi marketing, dan lain-lain. Silakan Anda pilih yang paling efektif bagi bisnis Anda.

4. Lebih Tepat Sasaran

Pada saat pemasangan iklan, Anda bisa menargetkan konsumen potensial berdasarkan demografis tertentu. Seperti halnya jenis kelamin, rentang usia, lokasi, tingkat pendidikan, bidang pekerjaan, serta minat dan perilaku konsumen. Anda bisa menjangkau target pasar yang lebih luas, tapi tepat sasaran.

5. Melihat Hasil Secara Real-Time

Anda dapat memantau iklan Anda kapan saja dan di mana saja untuk menelusuri kinerjanya. Anda dapat melihat hasilnya secara real-time dengan menggunakan analisis online untuk mengetahui apakah kampanye internet marketing Anda telah berhasil atau tidak.

6. Bisa Segera Melakukan Perubahan

Saat Anda memasang iklan di internet, Anda dapat melakukan perubahan secara cepat jika terjadi kesalahanan dan iklan Anda tidak bekerja dengan baik. Anda bisa segera mengubah kata-kata promosi dan tampilan grafisnya, lalu memasang ulang iklan online Anda. Hal ini tidak bisa dilakukan jika Anda memasang iklan di media massa.

7. Penjualan Terjadi dengan Cepat

Saat Anda memasarkan produk Anda di internet, Anda dapat menghasilkan penjualan dalam waktu yang singkat. Penjualan terjadi seketika hanya dengan beberapa kali klik saja. Prosesnya tidak memakan waktu lama karena transaksi terjadi secara online dan mudah dilakukan.

8. Meningkatkan Keuntungan

Jumlah pengguna internet begitu banyak dan tersebar luas. Bisa dikatakan Anda bisa menjangkau konsumen tidak terbatas sehingga bagi Anda yang ingin memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan semaksimal mungkin, Anda bisa memanfaatkan internet marketing mulai dari sekarang.

9. Memudahkan Pengelolaan

Bagi Anda yang menjalankan bisnis onlineinternet marketing memudahkan Anda dalam pengelolaan bisnis. Jika Anda menggunakan website, Anda bisa menampilkan produk Anda secara online, mengecek stok barang, dan menjualnya berdasarkan pesanan. Anda juga tidak butuh banyak karyawan, bahkan Anda bisa mengelolanya sendiri.

10. Membantu Riset Pasar  

Teknologi sudah semakin canggih. Anda bisa melacak jumlah pengunjung dan asal pengunjung website Anda, mengetahui sumber lalu lintas website Anda, mengetahui kata kunci yang banyak dicari, dan lain-lain. Data tersebut akan membantu Anda untuk melakukan riset pasar dan merencanakan strategi pemasaran yang tepat.

Jenis-Jenis Saluran Pemasaran Online


Jenis-Jenis Saluran Pemasaran Online



Berikut beberapa jenis saluran yang dapat digunakan dalam melakukan pemasaran online.

1. Media Sosial

Menjangkau konsumen melalui iklan berbayar atau posting-an organik dengan memanfaatkan media-media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

2. Search Engine Optimization (SEO) 

Mengoptimasi website dengan berbagai konten untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian mesin pencari.

3. Email Pemasaran 

Pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya secara personal dengan menggunakan media email.

4. Search Engine Marketing  (SEM)

Bentuk lain dari pemasaran online berbayar. Anda melakukan pembayaran kepada mesin pencari untuk mendapatkan visibilitas website di mesin pencari tersebut.

5. Pemasaran Afiliasi 

Pemasaran menggunakan afiliasi atau mitra penjualan yang diminta untuk menempatkan iklan bisnis Anda di website atau media sosial mereka.

6. Influencer Marketing 

Melakukan pemasaran melalui ahli industri atau sosok yang dipercaya oleh konsumen ketika melakukan promosi, iklan atau ulasan terhadap produk.

7. Pemasaran Konten 

Pemasaran dengan membuat konten mengenai produk atau layanan Anda dan mempromosikannya di berbagai channel untuk menjangkau konsumen potensial.

8. Lead Generation 

Menghasilkan konversi lebih dari orang yang berkunjung ke website Anda, seperti menghasilkan penjualan dari mereka dan mendapatkan alamat email calon konsumen.

Google Ads merupakan platform iklan online yang dikembangkan oleh Google, pengiklan membayar untuk menampilkan iklan singkat, penawaran layanan, daftar produk, konten video dan menghasilkan pemasangan aplikasi seluler dalam jaringan iklan Google kepada pengguna web.

10. Pengoptimalan Web

Proses menggunakan eksperimen terkontrol untuk meningkatkan kemampuan situs web untuk mendorong sasaran bisnis. Untuk meningkatkan kinerja situs web mereka, pemilik situs web menerapkan pengujian A / B untuk bereksperimen dengan variasi pada laman situs web mereka untuk menentukan perubahan mana yang pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak konversi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta tentang Bily Niagarawan.