PENTINGNYA MARKETING ONLINE UNTUK BISNIS ANDA
Pemasaran Online adalah hal yang krusial bagi konsep marketing saat ini. Bagi banyak bisnis, memilih jalur pemasaran yang sesuai bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena pemasaran akan berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis. Oleh karena itu, harus dilakukan sebaik mungkin. Di dunia era digital seperti sekarang, internet menjadi pusat kegiatan banyak orang, pemasaran online digadang-gadang menjadi metode paling efektif.
Pemasaran online dianggap mampu melebarkan sayap pemasaran bisnis secara optimal dengan biaya yang jauh lebih ringan dibandingkan secara offline. Sebelum mengamini keefektifan pemasaran online dan menerapkannya, Anda terlebih dahulu harus mengetahui pengertian dan konsep tersebut.
Apa itu Pemasaran Online?
Secara sederhana pemasaran online atau
sering disebut sebagai pemasaran digital diartikan sebagai strategi
pemasaran yang memanfaatkan internet. Kegiatan pemasaran untuk mendapatkan
perhatian konsumen dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, website,
email, bahkan augmented reality. Hal ini dapat
dilakukan dengan iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar posting-an
sederhana melalui media online.
Banyaknya aktivitas dan interaksi yang terjadi di dunia
internet, membuat banyak sekali pemilik bisnis yang mengandalkan cara ini untuk
meningkatkan nilai jual produknya. Satu posting-an di internet
dapat diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Jadi, dari mana pun
Anda berbisnis, akan tetap mampu mendapatkan perhatian secara global jika telah
memasuki dunia internet.
Manfaat Pemasaran Online
1. Lebih Mudah
Melakukan kegiatan
pemasaran melalui internet bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan
pemasaran melalui media cetak dan elektronik. Anda bisa melakukannya dan
mengontrolnya kapan saja dan di mana saja. Tidak ada batasan ruang dan waktu.
2. Menghemat Biaya
Dengan bermodal
alamat e-mail, jaringan internet, dan komputer, Anda bisa mulai
melakukan pemasaran internet untuk menyebarkan informasi tentang bisnis Anda.
Anda juga dapat membuat akun jejaring sosial dan blog secara gratis untuk
memasarkan bisnis Anda. Biaya pemasangan iklan online berbayar
juga cenderung lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.
3. Banyak Pilihan dalam
Pemasaran
Terdapat banyak pilihan
dalam pemasaran online sehingga bisa membuat Anda lebih
kreatif. Anda bisa menggunakan audio, gambar, video, dan tulisan. Anda bisa
menerapkan strategi social media marketing, Search Engine
Optimization (SEO) marketing, e-mail marketing, afiliasi marketing,
dan lain-lain. Silakan Anda pilih yang paling efektif bagi bisnis Anda.
4. Lebih Tepat Sasaran
Pada saat pemasangan
iklan, Anda bisa menargetkan konsumen potensial berdasarkan demografis
tertentu. Seperti halnya jenis kelamin, rentang usia, lokasi, tingkat
pendidikan, bidang pekerjaan, serta minat dan perilaku konsumen. Anda bisa
menjangkau target pasar yang lebih luas, tapi tepat sasaran.
5. Melihat Hasil
Secara Real-Time
Anda dapat memantau iklan
Anda kapan saja dan di mana saja untuk menelusuri kinerjanya. Anda dapat
melihat hasilnya secara real-time dengan menggunakan
analisis online untuk mengetahui apakah kampanye internet
marketing Anda telah berhasil atau tidak.
6. Bisa Segera Melakukan
Perubahan
Saat Anda memasang iklan
di internet, Anda dapat melakukan perubahan secara cepat jika terjadi
kesalahanan dan iklan Anda tidak bekerja dengan baik. Anda bisa segera mengubah
kata-kata promosi dan tampilan grafisnya, lalu memasang ulang iklan online Anda.
Hal ini tidak bisa dilakukan jika Anda memasang iklan di media massa.
7. Penjualan Terjadi
dengan Cepat
Saat Anda memasarkan
produk Anda di internet, Anda dapat menghasilkan penjualan dalam waktu yang
singkat. Penjualan terjadi seketika hanya dengan beberapa kali klik saja.
Prosesnya tidak memakan waktu lama karena transaksi terjadi secara online dan
mudah dilakukan.
8. Meningkatkan
Keuntungan
Jumlah pengguna internet
begitu banyak dan tersebar luas. Bisa dikatakan Anda bisa menjangkau konsumen
tidak terbatas sehingga bagi Anda yang ingin memperluas pasar dan
meningkatkan keuntungan semaksimal mungkin, Anda bisa memanfaatkan internet
marketing mulai dari sekarang.
9. Memudahkan Pengelolaan
Bagi Anda yang
menjalankan bisnis online, internet marketing memudahkan
Anda dalam pengelolaan bisnis. Jika Anda menggunakan website, Anda
bisa menampilkan produk Anda secara online, mengecek stok barang,
dan menjualnya berdasarkan pesanan. Anda juga tidak butuh banyak karyawan,
bahkan Anda bisa mengelolanya sendiri.
10. Membantu Riset
Pasar
Teknologi sudah semakin
canggih. Anda bisa melacak jumlah pengunjung dan asal pengunjung website Anda,
mengetahui sumber lalu lintas website Anda, mengetahui kata
kunci yang banyak dicari, dan lain-lain. Data tersebut akan membantu Anda untuk
melakukan riset pasar dan merencanakan strategi pemasaran yang tepat.
Jenis-Jenis Saluran Pemasaran Online
Jenis-Jenis Saluran Pemasaran Online

Berikut beberapa jenis
saluran yang dapat digunakan dalam melakukan pemasaran online.
1. Media Sosial
Menjangkau konsumen
melalui iklan berbayar atau posting-an
organik dengan memanfaatkan media-media seperti Facebook, Twitter, Instagram
dan lain sebagainya.
2. Search Engine
Optimization (SEO)
Mengoptimasi website dengan
berbagai konten untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian mesin
pencari.
3. Email Pemasaran
Pesan komersil seperti
promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan
lain sebagainya secara personal dengan menggunakan media email.
4. Search Engine Marketing (SEM)
Bentuk lain dari
pemasaran online berbayar. Anda melakukan pembayaran kepada
mesin pencari untuk mendapatkan visibilitas website di mesin
pencari tersebut.
5. Pemasaran Afiliasi
Pemasaran menggunakan
afiliasi atau mitra penjualan yang diminta untuk menempatkan iklan bisnis Anda
di website atau media sosial mereka.
6. Influencer Marketing
Melakukan pemasaran
melalui ahli industri atau sosok yang dipercaya oleh konsumen ketika melakukan
promosi, iklan atau ulasan terhadap produk.
7. Pemasaran Konten
Pemasaran dengan membuat
konten mengenai produk atau layanan Anda dan mempromosikannya di berbagai channel untuk
menjangkau konsumen potensial.
8. Lead Generation
Menghasilkan konversi
lebih dari orang yang berkunjung ke website Anda,
seperti menghasilkan penjualan dari mereka dan mendapatkan alamat email calon
konsumen.
Google Ads
merupakan platform iklan online yang
dikembangkan oleh Google, pengiklan membayar untuk menampilkan iklan singkat,
penawaran layanan, daftar produk, konten video dan menghasilkan pemasangan
aplikasi seluler dalam jaringan iklan Google kepada pengguna web.
10. Pengoptimalan Web
Proses menggunakan
eksperimen terkontrol untuk meningkatkan kemampuan situs web untuk
mendorong sasaran bisnis. Untuk meningkatkan kinerja situs web mereka, pemilik
situs web menerapkan pengujian A / B untuk bereksperimen
dengan variasi pada laman situs web mereka untuk menentukan
perubahan mana yang pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak konversi.
Komentar
Posting Komentar